Hari Kedua Pelaksanaan Operasi Keselamatan Kapuas 2023 Polresta Pontianak.


 Pontianak Kalbar – Operasi Keselamatan Kapuas 2023 telah memasuki hari kedua,  Para Personil Polresta Pontianak yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Kapuas 2023 telah  melaksanakan  tugas  sesuai Satuan  tugas  yang diembanya,  salah satunya  Satgas Pre entife,  yang melakukan sosialisasi kepada  masyarakat  dengan memasang Banner yang  berisi  himbauan Tertib berlalu lintas dan sosialisasi pelaksanaan Operasi Keselamatan Kapuas 2023,  di wilayah hukum Polresta Pontianak,  Rabu (8/02/2023) 

Jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Polresta Pontianak Polda Kalbar menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Kapuas-2023 yang berlangsung 7-20 Februari 2023.


Tujuan  operas Keselamatan Kapuas 2023 adalah  untuk mencegah maupun menekan jumlah  terjadinya pelanggaran maupun angka kecelakaan Lalu lintas. 

 para personel Polresta Pontianak Dalam pelansanan Operasi ini lebih mengedapankan  Himbauan, dan teguran kepada  para pengendara kendaraan yang melakukan pelanggaran,  tentunya  dengan cara  yang  humanis. 


Adapun target dari operasi ini adalah pengemudi kendaraan yang melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, berboncengan lebih dari satu,  pengendara  dalam pengaruh Alkohol serta menggunakan ponsel saat berkendara


Termasuk pengendara kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar peruntukan dan laik jalan sesuai peraturan perundang-undangan.


Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S. ik MH mengatakan Operasi Keselanatan Kapuas 2023 ini  dilaksanakan sebagai upaya Polresta Pontianak untuk menciptakan Kamseltibcarlantas dan cipta kondisi menjelang bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.


Operasi Keselamatan Kapuas 2023 dan Cipta Kondisi jelang bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H  dapat berjalan optimal dan berhasil sesuai yang diharapkan  serta tercapai  sasaran yang telah ditetapkan,” kata Kapolresta Pontianak. 


Tujuan operasi ini, dijelaskan Kapolresta adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menekan  angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas.


Pasalnya menjelang Ramadan akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat, baik saat ibadah puasa dan perayaan Idul Fitri, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan gangguan kamseltibcar lantas, baik ambang gangguan maupun gangguan nyata yang berpotensi terjadinya kemacetan, pelanggaran dan laka lantas.


Adhe Hariadi pun menegaskan bahwa Polri dalam hal ini Polresta Pontianak selama operasi keselamatan Kapuas 2023 tetap melakukan kegiatan  preemtif, preventif  dan humanis.


Sedangkan penindakkan pelanggaran lantas baik nyata maupun kasat mata akan dilakukan menggunakan etle statis dan mobile dengan menggunakan blangko teguran." Ujarnya.

Komentar